Aku ga tau apa yang pengen aku tulis di sini, mengingat apapun yang aku tulis pasti memancing komentar—baik maupun buruk. Tapi aku ga tau lagi mau nyampein ini semua di mana. Bingung, sungguh.
Aku boleh dibilang udah lama banget nulis, since almost twelve years ago, dari umurku masih enam tahun sampai sekarang, dan jujur aku bilang, aku bangga karena aku tetep serius di dunia ini. Aku selalu suka menulis, membuat cerita, esai, atau apapun yang berhubungan dengan tulis-menulis. Kalau aku liat lagi ketikan pertamaku waktu kelas 3 akhir (umur 6 setengah), sebenernya tulisanku banyak peningkatan. Dari yang ga kenal EyD sampe kenal. Dari yang ga bisa ngedekripsiin cerita sampe bisa. Dari yang karakterisasi tokohnya asal buat sampe berhasil bikin karakter yang berciri khas.
Ga mau munafik, aku bilang aku banyak banget peningkatan. Emang sih dari dulu ngetiknya ga pernah selesai—dengan bisa namatin beberapa multichapter aja itu udah banyak peningkatan buat amatiran macem aku.
Novel pertama dan keduaku ditulis tangan, selesai waktu awal SMP. Ceritanya aneh, memang, dan ga pernah aku revisi buat dikirim ke penerbit ato apapun. Murni buat konsumsi sendiri (dan sialnya sekarang itu novel ilang DX). Errr, ga sih, yang pertama banget selesai waktu kelas 5 SD, dan itu belom pake sistem paragraf. Tabrak terus meeeenn~! Itu udah mulai ada yang baca, beberapa.
Oke, balik ke yang SMP.
Pas semester 2 kelas 7 juga, aku berhasil bikin novel yang agak ‘bener’ buatku sendiri. Udah ada sistem paragraf, bisa nulis dialog agak bener, ada karakterisasi, plot berkembang—tapi sialnya masih suka mati ide di tengah jalan. Beda banget sama sekarang yang ngedip aja bisa dapet inspirasi buat ngetik (lebay, tapi emang gitu kenyataannya). Dan selama SMP, aku produktif banget soal novel. Total novel buatanku ada 22 buku sampe lulus, 4 di antaranya collab sama beberapa orang yang suka nulis juga. Cerpen ada kali sekitar 20, tapi sama aku ga dipublikasi sama sekali kecuali ke temen-temen sekolah :3
Mulai SMA, aku ga produktif lagi. Senengnya main, ngeceng, kalo inget belajar, haha. Aku mulai nulis fanfic di internet sejak Maret 2009, bikin fanfic buat lomba di grup Detective Conan (bisa cek Duet Maut), dan ternyata jadi salah satu pemenang~ Pas tahun 2008-nya, aku cuma iseng bikin friendfic yang pake karakter temen-temen deketku, namanya diubah. Ceritanya cuma sampe chapter 7, soalnya males lanjutin. Terus aku bikin fanfic gabungan beberapa chara plus OC tapi ga merisu mengerikan gitu, cuma sampe chapter 10, diketik pake henpon, dan hiatus sampe sekarang (I Just Want U By My Side).
Setelah liat Akinayuki post link ke ffn, aku ikutan daftar ke situs ini. Tapi aku baru mulai publish bulan Novembernya, setelah notes bahan fanfic-ku diplagiat sama Erick de Graaf (Doll). Hari itu juga, Me, A Doll ku-publish, sekaligus debut pertama di ffn walau sebenernya itu bukan fic pertama yang kubuat. (dalam posisi kejepit, entah kenapa jadi tau gimana caranya publish).
Urutan fanfic yang sebenernya: I Just Want You By My Side, Duet Maut, Girls’ Day Out: 4 on 1, Special Gift, My Wind, Me, A Doll, dst. sampe sekarang.
Nah, semakin ke sini, aku semakin bingung sama keberadaanku di ffn ini. Well, ga mungkir, cukup banyak yang nge-fave aku dan ceritaku, banyak yang ngajak kenalan, banyak juga yang akhirnya lumayan deket sama aku. Selain teman dan fans, aku juga punya haters karena kebiasaanku ngomong frontal dan blak-blakkan. Tau kok, di TL twitter pernah ada yang nyepet aku, dan bukan ga mungkin juga ‘mereka’ yang deket sama aku ngomongin aku di belakang. Hmm, ga perlu sebut namanya, yang pasti ‘mereka’ itu satu geng, udah senpai pula.
Jadi, timeline penulisanku itu kaya gini:
2001 – 2008: menulis karena suka suka sukaaaaa, yang baca kalangan terbatas aja (temen deket di sekolah, ato ga temen sekelas yang kebetulan tau)
2008 – 2009: menulis karena suka dan ga pengen ide diambil sama orang. Udah mulai jarang bikin novel.
2010: menulis karena pengen dapet review (ga munafik, semenjak bikin Cherry Blossom yang dapet lumayan banyak review, aku pengen dapet review banyak di setiap fic-ku, sampe akhirnya mutusin review itu ga penting. Ngejar IFA juga, dan masuk polling! :D
2011: ini taun terlabilku. Setelah IFA2010 selesai, aku udah ga ngejar awards itu lagi. Cuma kepengen nama masuk sekali aja di lembar nominasi, eh taunya 2011 masuk polling lagi -___- Aku mutusin buat nulis karena suka lagi, nulis demi diri sendiri, nulis karena ga mau ide diambil orang, nulis bukan demi review. Tapi sumpah gondok liat silent readers yang main fave sama alert doang. Mereka nagih-nagih tapi ga mau komentar!
Banyak hal terjadi di 2011, bikin aku bingung.
Beberapa taun di ffn bikin aku punya temen-temen yang baik, tapi ga jarang juga ada yang nyebelin. Banyak di antara mereka yang cuma mau enak di dianya, seolah semua orang harus setuju sama pendapat mereka. Yah, kita kecilin spektrumnya, bukan mereka tapi dia.
Sampe sini udah cukup bahas itu.
Lanjut.
Tahun 2011 aku muak sama FNI, aku pindah ke SPI dan menemukan kenyamanan di sana. Di sana mereka ga protes soal plot yang plotless, ato misalnya karakter yang kurang IC. Di sana mereka ga pelit pujian, sayangnya mereka miskin kritik dan saran. Tapi mereka........ ga ngegeng. Semua temen di sana. Semua sama rata, keluarga. Ada author yang emang luar biasa, tapi ga sedikit juga yang emang ga bisa nulis #plak Akhirnya aku balik ke FNI karena masalah GL, semua RPF kupindah ke AO3. Baik-baik aku ajak warga SPI buat pindah juga ke tempat yang ga ngelanggar GL, tapi mereka malah bereaksi negatif dan nganggep aku dan beberapa author lain sebagai ‘pengusir’. Dan kami pun bertengkaaaarrr~ *ala #ffnsalahgaul*
Jadi intinya aku balik lagi ke FNI, tapi aku kurang bahagia di sini. Emang sih seneng, ada beberapa fic bagus, ada juga fic yang standar dan idenya pasaran *maaf* juga ada author favoritku yang masih rajin publish. Tapi aku ga nemu rasa ‘hangat’ di FNI. Semuanya main ngotak-ngotak berdasarkan pairing, bikin geng sendiri, ada kubu senior-junior...
Sumpah, aku ga nyaman di FNI. Aku ga nyaman di SasuSaku, tapi aku cuma bisa tulis SasuSaku.
Kenapa?
Karena yang karakternya bisa aku jiwai cuma mereka. CUMA SasuSaku!
Intinya: aku nulis SasuSaku bukan karena aku cinta pair itu, aku nulis karena terbiasa dengan mereka.
Aku ga suka OOC parah. Emang karena spesialisasiku AU, jadi pasti karakternya ga pure IC, tapi aku selalu mengusahakan supaya ga OOC parah. Dan buat bikin yang ga OOC parah, aku harus kenal karakter itu banget. Yang aku kenal ya SasuSaku. Kalo masalah pair, aku lebih cinta crack kaya ShikaSaku, KakaShizu, NejiSaku, KibaIno (gara-gara Sukie ‘Suu’ Foxie), dll. Tapi karena aku ga terlalu bisa menjiwai karakter itu, jadi aku masih belom berani bikin.
So I still write SasuSaku.
Mengutip notes LuthRhythm di FB, SasuSaku sekarang emang kualitasnya nurun. Serius. ‘Mereka’ yang fic-nya keren udah pada hiatus, ato mungkin out. ‘Mereka’ yang selalu bikin aku pikir, “Woh, fic SasuSaku keyen banjetz yaaw~”, udah pada ga di pair itu lagi. ‘Mereka’ pindah fandom, ganti pair favorit, ato apalah. Yang pasti mereka ngurangin kekerenan SasuSaku di mataku.
Sebagai author yang biasa-biasa aja dan terbiasa buat bikin SasuSaku, aku berusaha nopang SasuSaku in my own way. Aku berusaha bikin fic yang ga pasaran, kalopun bikin HSAU SasuSaku, aku berusaha nyelipin sesuatu yang beda dari yang lain. Aku ga mau bikin cerita yang idenya mirip sama orang lain.
Diksi aku sederhana, berubah-ubah sesuai dengan genre cerita yang aku buat. Aku ga jago bikin angst (angst cuma bisa di RPF sama CoAi/ShinShi). Aku ga jago bikin romance.
Terus apa yang aku bisa?
Aku coba bikin genre selain itu, berusaha buat plot yang beda sama yang lain. Seneng waktu ada yang berniat baca, sebel waktu ada yang jadi SiDers -___-
Pernah pas awal taun aku curhat sama seorang author yang terbilang cukup deket sama aku (ga sebut nama, pengamanan identitas), aku bilang aku sedih karena tulisanku ga berkembang lagi. Dia bilang, kalo aku ga punya acuan buat nulis selain rasa ‘suka’, aku bakal selamanya setak di situ.
Aku bingung.
Aku selama ini udah meyakinkan diri bahwa aku nulis untuk diri sendiri, kalo ada yang mau baca syukur, tapi yang baca harus komentar. Aku selama ini udah yakin aku ga akan nulis fanfic demi popularitas. Aku selama ini udah yakin aku ga akan peduli hal lain selain rasa suka itu. Aku selama ini nulis demi penuangan ideku sendiri...
Dan saat itu juga, aku ragu akan keberadaanku di ffn ini.
‘Buat apa, ya, nulis di ffn?’ aku pikir gitu. ‘Udah ga dapet duit, temen juga ga banyak, malah haters dan backstabbers banyak. Udah gitu sering gondok sendiri sama orang-orang nyebelin. Eneg di-‘dewa’-in... Rugi banget sih...’
Dan berhari-hari aku kaya gitu. Ada banyak yang berusaha ngasih semangat waktu aku bikin polling dan nulis ‘fic terakhir sebelum hiatus’ di summary ff. Salah satunya teacupz’, salah satu author favoritku. Agak seneng masih ada yang mau peduli dan ngajak aku ngobrol di saat-saat kaya gitu, ngasih berbagai pendapat dari sudut pandang yang berbeda.
Akhirnya, aku nemuin lagi alasan kenapa aku harus nulis.
2012: “To love is to do something with your best”—mysticahime
Karena saya suka makanya saya berusaha untuk jadi yang terbaik (seenggaknya buat saya sendiri). Karena saya suka, saya berusaha buat jadi corak yang lain dari yang lain. Karena suka, saya berusaha untuk menjadi unik dan tiada duanya.
Muluk? Memang.
—tetapi seseorang yang kreatif selalu berpikir selangkah lebih maju daripada yang lainnya.
:p
Sekarang aku bakal sedikit menjabarkan definisi ‘bakat’ dari perspektifku—ini suatu eksposisi, bukan argumentasi.
Menurutku, bakat adalah suatu jalan pintas untuk cepat mencapai posisi ‘baik’. Orang berbakat bisa menguasai bidangnya tanpa diajari siapapun. Namun dengan adanya orang yang membimbing dengan baik dan benar, ia akan menjadi luar biasa. Orang berbakat selalu mempunyai ide kreatif yang akan semakin menonjolkan kemampuannya (sadar maupun tidak sadar). Meskipun idenya sama dengan orang lain, orang berbakat akan mempunyai cara yang berbeda untuk mengemasnya menjadi sesuatu yang baru.
Dan yang pasti, orang berbakat tidak akan memplagiat atau mengikuti pasar. Ia akan mencuri pasar dan membuat pasarnya sendiri.
Ambil contoh musisi berbakat, Ludwig van Beethoven. Menurutku, Beethoven adalah musisi jenius yang bisa menciptakan sesuatu yang lain daripada yang lain. Bayangkan kalau karya Beethoven mirip-mirip dengan karya Mozart atau Palchebel... apanya yang bagus?
Dan orang berbakat dinilai oleh orang lain. Ga bisa sendiri bilang, “eh, gue bakat tauuuu~”. Tapi kita juga ga bisa bilang, “gue ga bakaaatttt~ Sirik deh sama yang bakat blablabla” tapi ga usaha apa-apa buat memperbaiki kualitas. Idiot, kalo aku bilang secara jujur. Yang ga bakat bisa bikin karya yang bagus, tapi mereka harus usaha keras. Kalo orang yang bakat cuma berusaha 2 kali dan mereka bisa, yang ga bakat mesti berusaha 100 kali lipat dari usaha si orang yang berbakat itu. Dan somehow, berdasarkan pengalaman, usaha keras belum tentu bisa menyamai bakat. Mendekati bisa, tapi ga bisa melampaui.
Sekali lagi, ini eksposisi, bukan argumentasi.
Yang tersinggung, maaf, beginilah saya.







